Pages

Sabtu, 11 Februari 2012

Makalah Biologi Polio




Nama Kelompok :
-David
-Edy Tarsen
-Ricko
-Kelvin
-Eka Pratama Wijaya


Topik: Penyakit disebabkan Virus Polio (Poliomyelitis)
                         Kelas : X-1

-Ciri-ciri Virus Polio  merupakan virus Polio yang paling ganas, menyebabkan kelumpuhan dan mudah menyebabkan epidemi. Anehnya yang merupakan pembawa penyakit Polio adalah manusia dewasa, namun yang paling sering terkena justru anak anak di bawah
-Gejala-gejalanya: Gambaran klinis penyakit polio pada manusia sangat bervariasi, dari gejala yang sangat ringan sampai terjadi paralisis (kelumpuhan). Gejala klinis mulai dengan demam, merasa lemah, nyeri kepala dan muntah. Dalam 24 jam terlihat kekakuan pada leher dan punggung. Penderita terlihat mengantuk, iritabel, dan cemas. Adakalanya disertai kekakuan otot dan nyeri otot ringan.
Bila terjadi paralisis (lumpuh) biasanya dimulai dalam beberapa detik sampai lima hari sesudah nyeri kepala. Kelumpuhan anggota gerak yang layuh dan biasanya pada salah satu tungkai.

-Cara pencegahan : Penyakit polio dapat dicegah dengan imunisasi. Vaksin virus mati diberikan secara suntikan. Sedangkan yang hidup melalui mulut dengan tetesan. Virus hidup yang dilemahkan lebih efektif dibandingkan dengan virus yang mati.Selain pemberian imunisasi maka peningkatan sanitasi lingkungan dan higienis perorangan sangat diperlukan.









Gambar orang yang terserang penyakit polio

Tidak ada komentar: