Pages

Kamis, 09 Februari 2012

Jenis-Jenis Naga di Dunia


Naga adalah sebutan umum untuk makhluk mitologi yang berwujud reptil berukuran raksasa. Makhluk ini muncul dalam berbagai kebudayaan. Pada umumnya berwujud seekor ular besar, namun ada pula yang menggambarkannya sebagai kadal bersayap.

Naga China
Dalam tradisi Cina juga terdapat makhluk bernama Liong atau Lung yang umumnya diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan istilah naga. Makhluk ini digambarkan sebagai ular berukuran raksasa, lengkap dengan tanduk, sungut, dan empat cakar, sehingga berbeda dengan naga versi India. Naga China adalah makhluk mitos China yang juga muncul dalam budaya asia lainnya, dan kadang-kadang disebut naga timur. Naga telah lama menjadi simbol potensial kekuasaan kebaikan dalam cerita rakyat cina dan seni. Jenis naga ini kadang-kadang digambarkan sebagai makhluk yang dibangun dari banyak bagian hewan. Mungkin memiliki beberapa sirip ikan, atau tanduk rusa.

Naga India
Istilah naga merupakan kata serapan dari bahasa Sansekerta atau India kuna yang bermakna "ular". Naga ini umum untuk semua budaya yang dipengaruhi oleh agama hindu. Mereka sering digambarkan seperti kobra dan mungkin memiliki beberapa kepala. Mereka biasanya tidak memiliki lengan atau kaki tetapi ada juga yang punya.

Naga Indonesia dan Malaysia
Digambarkan sebagai seni atau dewa pelindung gunung atau hutan. Tapi dibeberapa cerita rakyat indonesia, naga juga sering digambarkan sebagai mahkluk yang jahat. Naga dalam budaya Kalimantan, kususnya suku Dayak dan suku Banjar dianggap sebagai simbol alam bawah. Naga digambarkan hidup di dalam air atau tanah dan disebut sebagai Naga Lipat Bumi. Naga merupakan perwujudan dari Tambun yaitu makhluk yang hidup dalam air.

Naga Jepang
Seiryuu adalah naga yang berasal dari jepang. Naga ini dikenal rakyat sebagai 4 mahkluk penjaga mata angin, yaitu timur. Naga ini berwarna biru kehijauh-hijauan tinggal di danau dan bersifat baik.

Naga Khmer
Neak adalah naga yang memiliki 3 kepala. Katanya, naga ini sangat kuat, karena jumlah kepalanya yang banyak. Naga ini memiliki kemiripan pada naga india seperti badan yang mirip kobra.

Naga Korea
Yong, Gyo dan Imoogi merupakan tiga naga berasal dari korea. Yong adalah naga langit yang dikenal juga dengan nama Mireu. Gyo adalah naga gunung. Dan Imoogi adalah naga laut.

Naga Filipina
Naga dalam bahasa Filipina adalah Bakunawa. Bakunawa ditakuti oleh rakyat filipina karena memakan bulan sehingga menjadi gerhana bulan. Rakyat mengusir bakunawa dengan memukul-mukul wajan atau panci saat malam agar bakunawa tidak kembali dan memakan bulan.

Naga Vietnam
Naga vietnam disebut dengan Long, sama dengan naga dari cina. Lekukan badan pada naga ini ada 12 lekukan itu berarti ada 12 bulan pada setahun. Mereka bisa mengubah cuaca dan menyuburkan tanaman.

Naga Eropa
Naga di dunia Barat digambarkan sebagai kadal besar dengan 2 tangan dan 2 kaki yg memiliki sayap begitu besar, juga memiliki kemampuan untuk menyemburkan lidah-lidah api dan digambarkan memiliki gua bawah tanah. Naga ini selalu digambarkan memangsa manusia.

JENIS NAGA YANG MUNCUL DI TURNAMEN TRIWIZARD

Chienese Fireball-Bola Api Cina
Kadang-kadang disebut naga singa. Satu-satunya naga dari negeri timur yang berpenampilan mencolok. Berwarna merah tua dan bersisik halus, naga ini juga memiliki jumbai yang terdiri atas duri-duri emas disekeliling wajahnya yang bermoncong pendek dan matanya amat menonjol. Dinamai bola api karena lidah api berbentuk jamur yang menyebur dari lubang hidung mereka ketika marah. Beratnya antara 2 dan 4 ton, yang betina lebih besar dibanding yang jantan. telurnya berwarna merah menyala dengan bintik2 emas, kulit telurnya bernilai tinggi didunia sihir. Bola api agresif tapi lebih toleran terhadap jenisnya sendiri dibanding kebanyakan naga sejenisnya, kadang2 dengan senang berbagi wilayah dengan 2 atau naga lainnya. Bola api gemar melahap hewan mamalia, namun mereka lebih suka memangsa babi dan manusia.

Common Welsh Green-Naga Hijau Wales
Naga hijau berpadu baik dengan rumput lebat dinegeriya, meski mereka bersarang digunung2 yang lebih tinggi, dimana dibuat cagar alam untuk tempat pemeliharaan mereka. meski terjadi kehebohan berkaitan dengan insiden Ilfracombe, sebenarnya naga ini termasuk jenis yang paling tidak suka menganggu. Seperti Opaleye, mereka lebih suka memangsa domba dan secara aktif menghindari manusia, kecuali bila diusik. Ruangan naga hijau wales mudah dikenali dan anehnya naganya merdu. Semburan apinya tipis. telurnya berwara cokelat tanah berbintik hijau.

Tidak ada komentar: