Kinerja
Ilmiah
PENGARUH IPTEK TERHADAP CARA BELAJAR
DI SUSUN
OLEH :
Kelvin
X – 1
Perguruan SMA Swasta
Sisimangaraja
Jalan Sisimangaraja No.101
Tanjung Balai
Tahun Ajaran 2010-2011
KATA PENGANTAR
Pertama-tama puji syukur saya ingin ucapkan
kepada Tuhan yang Maha Esa yang telah memberkati saya sehingga karya tulis ini
dapat selesai.Saya juga ingin mengucapkan terima kasih untuk yang membantu saya
dalam pembuatan karya ini dan berbagai
sumber yang telah saya pakai sebagai data dan fakta pada karya ini
Saya mengakui bahwa saya adalah manusia
yang mempunyai keterbatasan dalam berbagai hal.Oleh karena itu tidak ada hal
yang dapat diselesaikan dengan sangat sempurna. Begitu pula dengan karya tulis
ini yang telah kami selesaikan.
Tidak semua hal dapat saya deskripsikan
dengan sempurna pada karya tulis ini.Saya melakukannya semaksimal mungkin
dengan kemampuan yang saya miliki.Dimana saya juga memiliki keterbatasan
kemampuan
Dengan menyelesaikan karya tulis ini saya
mengharapkan banyak manfaat yang dapat kita ambil atau kita petik,Semoga dengan
ada karya tulis ini dapat meningkatkan kualitas belajar para siswa Indonesia
melalui teknologi komputer/iptek serta mengurangi para pelajar yang menggunakan
komputer dengan hal yang tidak penting dan bahkan membahayakan bagi kita semua
Tanjungbalai, Oktober 2010
Penulis
1
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.............................................................................................................1
DAFTAR
ISI.............................................................................................................................2
ABSTRAK..................................................................................................................................3
BAB I .
PENDAHULUAN......................................................................................................4
1.1
LATAR BELAKANG MASALAH............................................................................4
1.2
PEMBATASAN
MASALAH.....................................................................................4
1.3
PERUMUSAN MASALAH........................................................................................4
1.4
TUJUAN
PENULISAN..............................................................................................4
1.5
METODE
PENULISAN.............................................................................................4
1.6
MANFAAT...................................................................................................................4
BAB II . LANDASAN
TEORI................................................................................................6
BAB III . METODE
PENELITIAN.....................................................................................6
3.1
JENIS
PENELITIAN....................................................................................................6
3.2 TEKNIK PENGUMPULAN
DATA..........................................................................6
BAB IV .
PEMBAHASAN.....................................................................................................7
BAB V . PENUTUP................................................................................................................9
5.1
KESIMPULAN...........................................................................................................9 5.2
SARAN.........................................................................................................................9
DAFTAR
PUSTAKA.............................................................................................................10
2
ABSTRAK
Karangan Ilmiah ini yang berjudul Pengaruh Iptek Terhadap cara belajar
dan ini membahas tentang masalah-masalah sekarang yang berkaitan dengan
komputer ataupun internet,karangan ini dibuat agar siswa siswi dapat memahami
pelajaran yang dipelajari dan Tujuan penulisan karangan ilmiah ini adalah agar
siswa siswi semua bisa mengetahuinnya dengan jelas apa pengaruh iptek terhadap
cara belajar
3
BAB I . PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Msalah
Sekarang ini banyak sekali orang yang tahu
menggunakan Komputer , tetapi pengguna menggunakannya dengan kurang efisien
1.2
Pembatasan Masalah
Komputer adalah salah satu jenis media
elektronik yang sangat populer di masa ini , Komputer mempunyai banyak fungsi
yang sangat bagus bagi para pelajar , tetapi sayangnya,mereka kebanyakan salah
menggunakan
1.3
Perumusan Masalah
1. Seberapa pentingkah komputer dalam
kehidupan sehari – hari ?
2. Apa keuntungan dan kerugian pengguna
teknologi komputer dalam pembelajaran ?
3. Apakah teknologi komputer merusak
kehidupan para pengguna komputer?
1.4
Tujuan Penulisan
1. Mengetahui peranan penting komputer
2. Mengetahui bagaimana metode pembelajaran
dengan menggunakabn komputer.
3. Mengetahui dampak penggunaan komputer
4
1.5
Metode Penulisan
Metode
penulisan yang kami gunakan adalah dengan melakukan penelitian kecil diberbagai
warnet yang ada di Tanjungbalai dan menanyakan informasi kepada para pengguna
komputer
1.6
Manfaat
1.
Dapat mengetahui penggunaan komputer yang baik dan benar
2.
Dapat menambah wawasan seputar mengenai komputer
3.
Dapat membuat kita memiliki kesadaran dalam menggunakan komputer
5
BAB
II . LANDASAN TEORI
Komputer
adalah alat yang dipakai untuk mengolah data
menurut prosedur
yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk
menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada
mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan
dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas
yang tidak berhubungan dengan matematika.
Sejarah komputer mencakup
perangkat keras, arsitekturnya, dan pengaruhnya terhadap perangkat lunak.
Pengertian Komputer menurut nenek moyang komputer adalah alat untuk dibanting
ke lantai sampai hancur hingga berkeping-keping dan nenek moyang menggunakannya
untuk membuat bahan makanan.
BAB III . METODE PENELITIAN
3.1
Jenis Penelitian
Jenis
penelitian yang saya gunakan adalah penelitian korelatif.Yang artinnya adalah
menghubungkan data-data hasil penelitian yang ada.Data diperoleh dari kunjungan
beberapa warnet dan menggabungkan menjadi sebuah kesimpulan yang dimasukkan
kedalam BAB PEMBAHASAN
3.2
Teknik Pengumpulan Data
Saya
mengumpulkan beberapa data dari tanya jawab dengan beberapa orang yang kami
kenal , data tersebut kami jadikan pembahasan juga.
6
BAB
IV . PEMBAHASAN
Komputer
dan internet mempunyai ketertaikan yang sangat erat,karena situs-situs yang ada
di Internet lebih banyak terkhususkan kepada para pengguna komputer . Ada pun
Positif dan Negatifnya :
Dampak Positif:1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
Dampak Negatif
Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen browser.melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.Violence and Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
7
Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
Carding
Karena sifatnya yang ˜real time™ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.1. Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face). 2. Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi. 3. Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang)
8
BAB
V . PENUTUP
5.1
Kesimpulan
Berdasarkan
subtopik yang telah dibahas,dapat disimpulkan bahwa :
-Komputer
adalah sebuah sarana yang baik dan jika dimanfaatkan secara teratur komputer
akan menjadi suatu pola atau cara belajar yang sangat baik
-Baik
Buruknya suatu kegiatan,semua tergantung kepada para pelaku kegiatan tersebut
5.2
Saran
Berdasarkan
kesimpulan diatas,kami akan memberikan saran sedikit:
-Penggunaan
komputer membutuhkan time management yang baik karena,Jika anda dapat mengatur
waktu anda dengan baik,secara otomatis anda akan mendapat kesehatan dan
komputer anda jarang mengalami gangguan perangkat keras
-Janganlah
anda kecanduan dengan aplikasi-aplikasi permainan , aplikasi itu hanya sekedar
untuk menghibur anda , janganlah menjadikannya sebagai kebutuhan pokok
9
DAFTAR PUSTAKA
Brotowidjoyo,
Mukayat D . 2002. Penulisan Karangan Ilmiah (Ed.Ke-2). Jakarta:Akademika
Pressindo.
10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar