Dampak Internet
Terhadap Para
Pelajar
D
I
S
U
S
U
N
Oleh
Nama : Kelvin
Podiman
Kelas : XI-IPS-1
NIS : 10310
SMA
SISINGAMANGARAJA
TAHUN AJARAN
2011/2012
TANJUNGBALAI
KATA PENGANTAR
Pertama-tama
saya ingin mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa yang telah
memberkati saya sehingga saya bisa menyelesaikan karya tulis ini.Saya juga
ingin berterima kasih kepada teman saya yang mendukung saya untuk mengikuti
lomba karangan ilmiah ini.
Tidak ada manusia
yang sempurna,saya mengakui saya adalah manusia yang punya batas,oleh karena
itu tidak semua hal bisa dibuat dengan sempurna dalam karya tulis ini.Saya
hanya berusaha melakukan semaksimal mungkin dengan kema mpuan saya yang ada.
Saya adalah
manusia biasa dan memiliki kekurangan,saya bersedia untuk menerima kritik dan
saran dari pembaca sekalian yang budiman. Saya akan menerimanya agar untuk
memperbaiki karya tulis saya untuk hasil yang bisa lebih baik lagi untuk
kedepannya.
Dengan
menyelesaikan karya tulis ini saya mengharapkan banyak manfaat yang dapat
diambil. Semoga dengan adanya karya tulis ini para siswa bisa mengetahui
dampak-dampak yang ada didalam Internet dan melakukan dampak positif.
Tanjungbalai
, Oktober 2011
Penulis
DAFTAR
ISI
HALAMAN
KATA
PENGANTAR..................................................................1
DAFTAR
ISI..............................................................................2
ABSTRAK..................................................................................3
BAB I.
PENDAHULUAN.............................................................4
BAB II. LANDASAN TEORI........................................................7
BAB III. METODE
PENELITIAN..................................................8
BAB
IV.PEMBAHASAN..............................................................9
BAB
V.PENUTUP....................................................................11
DAFTAR PUSTAKA..................................................................12
ABSTRAK
Karya tulis ini menjelaskan tentang Dampak internet terhadap para pelajar, baik
kejadian yang positif ataupun kejadian yang
negatif. Internet adalah salah satu jenis cara pembelajaran yang sangat
baik , tetapi cara ini sangatlah sulit untuk diterapkan dalam metode pengajaran
oleh guru kepada siswanya, hal yang utama adalah pikiran dari mereka bukanlah
untuk dimanfaatkan untuk mengerjakan tugas , akan tetapi mereka memikirkan game
online / browsing yang ada di internet dalam komputer , maka itulah
dampak-dampak yang ada sekarang dari pelajar yang harus dipelajari lebih
lanjut.
BAB I
: PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Sekarang ini banyak orang yang tahu memainkan komputer termasuk orang
dewasa ataupun orang yang masih kecil namun pengunaannya masih kurang
efisien,karena hanya memanfaatkan keunggulan komputer tersebut sebagai media
untuk permainan dan belum mengetahui dampak-dampak apakah yang nanti akan
terjadinya.
Ini yang membuat banyak kerusakan pada kalangan kalangan muda yang nanti
akan memimpin bangsa Indonesia nantinya, Oleh karena itu saya mengambil topik
ini tentang pengaruhnya terhadap para pelajar.
1.2
Pembatasan Msalah
Internet adalah salah satu jenis media elektronik yang sangat populer
dimasa kini dan banyak digunakan oleh kalangan-kalangan remaja. Internet punya
banyak fungsi bagus,tapi pelajar kebanyakan salah untuk menggunakkannya.
Dalam
Karya tulis ini saya kan membahas tentang dampak positif dan negatif pengunaan
interet bagi pelajar maupun seluruh masyarakat.
1.3
Perumusan Masalah
1. Seberapakah pentingkah internet dalam
kehidupan kita sehari-hari?
2. Apa sajakah dampak positif dan dampak
negatif yang ada dalam internet?
3. Apakah Internet bisa merusak kehidupan
pengguna komputer?
1.4
Tujuan Penulisan
1.
Mengetahui peran yang penting dalam Internet
2.
Mengetahui cara pemakaian dalam Internet
3.
Mengetahui dampak pengunaan Internet
1.5
Metode Penulisan
Metode penulisan yang saya gunakan adalah melakukan
penelitian-penelitian di berbagai warnet yang ada di Tanjungbalai dan
menanyakan sedikit informasi kepada para penguna/pecandu internet.
1.6
Manfaat
1.Bisa mengetahui pengunaan yang baik dan
tepat
2.Menambah wawasan tentang Internet
3.Bisa membuat kita bagun/sadar dalam
mengunakan Internet
BAB II . LANDASAN TEORI
Internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang
saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk
melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I'
besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran
paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang
terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
Jumlah pengguna Internet yang besar dan
semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai
pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin
pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai
akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku
dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) /
pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrem.
Perkembangan Internet juga telah
memengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya
hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui
pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet.
Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.
Terkait dengan pemerintahan, Internet
juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti di kabupaten Sragen yang mana
ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan
Internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur
birokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian para
pegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan
daerah meningkat tajam.
BAB
III. METODE PENELITIAN
3.1
Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang saya pakai adalah
penelitian korelatif . Yang artinya adalah menghubungkan hasil-hasil penelitian
yang ada.Data yang saya peroleh adalah dari orang pecandu internet yang sering
ke warnet dan menggabungkan menjadi kesimpulan dalam Bab Pembahasan dan
dijelaskannya pun tentang positif dan negatif yang akan dijelaskan di Bab IV
pembahasan.
3.2
Teknik Pengumpulan Data
Saya mengumpulkan beberapa tanya jawab dari
beberapa orang yang saya kenal dan data itu saya masukkan dalam pembahasan di
Bab IV.
BAB
IV . PEMBAHASAN
Internet mempunyai dampak positif dan negatif
yaitu :
Dampak
Positif
1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat,
menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat,
menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
Dampak Negatif
1. Pornografi Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
2. Violence and Gore Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
3. Penipuan Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
4. Carding Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
5. Perjudian Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
# Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).
# Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
# Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).
# Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut. Jadi internet tergantung pada pemakainya bagaimana cara mereka dalam menggunakan teknologi itu, namun semestinya harus ada batasan-batasan dan norma-norma yang harus mereka pegang teguh walaupun bersentuhan dengan internet atau di dalam dunia maya.
1. Pornografi Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
2. Violence and Gore Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
3. Penipuan Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
4. Carding Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
5. Perjudian Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
# Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).
# Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
# Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).
# Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut. Jadi internet tergantung pada pemakainya bagaimana cara mereka dalam menggunakan teknologi itu, namun semestinya harus ada batasan-batasan dan norma-norma yang harus mereka pegang teguh walaupun bersentuhan dengan internet atau di dalam dunia maya.
BAB V. PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Dari semua pembahasan
yang ada,dapat disimpulkan :
1.
Internet adalah sarana
belajar yang sangat baik jika dimanfaatkan dengan teratur akan menjadi pola
belajar yang sangat baik sekali.
2.
Baik buruknya suatu
kegiatan bergantung pada pelaku yang menggunakannya.
3.
Mengunakan internet
harus melihat jam maksimal 1 hari bermain 2 jam saja agar kesehatan dapat
terjaga.
5.2 Saran
Saya ingin memberi saran
dalam penutup ini kepada pembaca :
1.
Jangan terlalu kecanduan
bermain Internet termasuk game online/browsing dan lainnya,bermain hanya
sekedar hiburan dan tidak dijadikan kebutuhan pokok seperti makanan.
2.
Bermain internet posisi
mata ke komputer jangan terlalu dekat nanti mata bisa rusak.
3.
Jangan terlalu banyak
main , waktunya lebih baik bila digunakan untuk belajar agar lebih bermanfaat.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar