Pages

Jumat, 22 April 2011

Tips dan Trik Lucid Dream

Artikel tentang Lucid Dream yang saya tulis beberapa waktu yang lalu di linkhttp://www.wikumagic.org/2011/02/cara-mengatur-lucid-dream.html ternyata mengundang berbagai respon dan pertanyaan. Oleh karena itu, saya mencoba untuk membahas lebih dalam tentang Lucid Dream di artikel ini.



1. Adakah cara mudah mendapatkan Lucid Dream?
Dalam artikel sebelumnya yang membahas tentang teknik-teknik dan berbagai cara untuk mempermudah Lucid Dream (bisa dibaca di alamat berikut :http://www.squidoo.com/cara-lucid-dream), Lucid Dream tepat dilakukan setelah kita terbangun dari tidur di pagi hari, sekitar pukul 3 atau 4 pagi. Setelah itu, kita mencoba untuk melanjutkan mimpi dengan berbagai metode yang dijelaskan di atas. Ternyata, ada metode alternatif yang lebih mudah dibandingkan mencoba bangun pada waktu dini hari dan mencoba mengingat mimpi. Metode yang biasa saya lakukan adalah melakukan Lucid Dream di siang hari, pada waktu kita tidur siang antara pukul 2 hingga 4 sore. Lucid Dream saat tidur siang jauh lebih mudah didapat daripada saat tidur malam karena waktu tidur siang yang jauh lebih singkat. Dalam waktu yang singkar tersebut, persentasi terjadinya REM (Rapid Eye Movement, Gerakan Bola Mata yang memutar cepat) dalam tidur jauh lebih besar. Karena mimpi hanya bisa terjadi di tahapan REM, otomatis tidur singkat dengan persentasi REM lebih besar akan sangat mempermudah terjadinya Lucid Dream.


2. Bagaimana cara mengatasi rasa takut saat sleep paralysis (tindihan) saat Lucid Dream?

Banyak diantara kita yang mengalami rasa takut saat mengalami sleep paralysis (tindihan) dalam fase Lucid Dream. Beberapa orang bahkan mengira sleep paralysis ada hubungannya dengan gangguan makhluk halus atau jin. Karena Lucid Dream sebagian besar harus melalui tahapan ini, banyak yang gagal mencapai Lucid Dream dengan sukses karena selalu terbangun di tahap sleep paralysis. Untuk sekadar tambahan informasi, "Sleep Paralysis" atau tindihan sama sekali tidak ada hubungannya dengan makhluk halus atau setan. Fase ini terjadi karena pelepasan zat-zat kimia dalam tubuh yang terjadi saat pikiran kita berusaha untuk tersadar.

Berikut tips mengatasi rasa takut saat Sleep Paralysis :



#. Tetap konsentrasi dan tersadar. Cobalah untuk mengingat-ingat bahwa fase tindihan bukanlah suatu hal yang menakutkan dan sama sekali tak ada hubungannya dengan makhluk halus.
#. Tetap berusaha untuk menutup mata anda. Sekali mata anda terbuka, Lucid Dream akan gagal.
#. Jika anda berhasil melewati fase ini, anda akan merasa seperti disedot oleh penyedot debu raksasa. Coba untuk tetap konsentrasi dan terbangun. Beberapa saat kemudian, anda mungkin akan merasa terkejut karena disiram sinar putih yang sangat terang. Inilah saat di mana fase Lucid Dream dimulai.

3. Bagaimana jika anda terjebak dalam mimpi?
Pertanyaan yang menarik. Sebenarnya,terjebak dalam mimpi adalah sesuatu yang tidak mungkin karena pasti kita akan terbangun. Namun mungkin kita merasa sudah berada terlalu lama tinggal di dalam mimpi dan ingin segera terbangun dan mengakhiri mimpi tersebut. Berikut adalah hal-hal yang bisa anda lakukan untuk "keluar" dalam mimpi, dan sudah saya coba beberapa kali.

#. Melompat atau terjun ke bawah dari tempat yang tinggi. Ini akan menimbulkan sensasi "kick"/ tersentak seperti yang muncul dalam film Inception dan membuat anda terbangun. Namun metode ini agak sulit dilakukan karena mungkin anda merasa takut.



#. Mencari cermin di dunia mimpi. Begitu menemukan cermin, cobalah untuk berkaca. Biasanya, ketika anda menyaksikan bayangan wajah anda, cermin akan pecah dan anda akan terbangun dari mimpi.

#. Berteriaklah sekeras mungkin. Metode ini paling mudah dilakukan, tapi akan sedikit menimbulkan rasa lelah saat terbangun.


4. Apa hal positif dari Lucid Dream yang bisa anda dapat?
Bagi saya, Lucid Dream adalah lahan yang sangat luar biasa untuk mencari inspirasi dan ide. Bagi orang-orang yang memerlukan banyak kreativitas dalam pekerjaannya, seperti magician, penulis, sutradara, dan sebagainya, ide dan inspirasi adalah suatu hal yang sangat penting. Ketika anda berhasil mendapatkan hal ini dari Lucid Dream, sensasi yang anda dapatkan akan sangat luar biasa.


Itu tadi sedikit tentang Lucid Dream. Cobalah untuk terus menjelajahi dunia mimpi, dan berusahalah untuk membuat mimpi-mimpi anda memberi pengaruh postif di kehidupan nyata.

Artikel ini ditulis oleh Wiku Pulangasih
Hyderabad, 25 Maret 2011

1 komentar:

Anonim mengatakan...

gan , ane ko susah bgt masuk ke tahap sleep paralyzenya? penjelasanya pliis bantu ane dong gan, kepengen lucid dream :p