Pages

Minggu, 29 Agustus 2010

Sriwijaya Fc Vs Persiba 3-0 IIC

Tuan rumah Sriwijaya FC (SFC) harus mengakui keunggulan lawannya Persiba Balikpapan usai dipermalukan dengan skor 0-3 di laga pembuka Turnamen Inter Island Cup (IIC) 2010 grup B, Sabtu (28/8).

Ketiga gol tim berjuluk "Beruang Madu" itu masing-masing dicetak Sultan Samma (menit ke-5 dan ke-40) dan Eka Santika (menit ke-76). Hasil ini membuat Persiba memimpin klasemen sementara dan di laga selanjutnya melawan Persib Bandung (30/8).

Di awal laga, kedua tim bermain terbuka. Meski tampil di markas sendiri, Stadion Gelora Jakabaring, SFC justru tertinggal lebih dulu melalui Samma yang sukses menjebol gawang Fauzal Mubarok usai memaksimalkan pemain asing anyarnya, Aldo Baretto.

SFC langsung bereaksi dengan memaksimalkan serangan dan peluang untuk menyamakan itu datang di menit ke-35 usai wasit menunjuk titik putih usai pemain belakang Persiba, Julio Cesar, melakukan pelanggaran. Sayang, eksekusi gagal dijalankan pemain asal Korea Selatan, Park Jung Hwan, setelah tendanganya berhasil dibaca kiper I Made Wirawan.

Justru lima menit sebelum jeda, Persiba menggandakan keunggulan juga melalui Samma memanfaatkan kemelut di depan gawang. Skor 2-0 bertahan untuk keunggulan sementara tim besutan Junaedi itu.

Di babak kedua, SFC banyak mengendalikan permainan. Peluang demi peluang mampu tercipta melalui empat pemain barunya yakni Budi Sudarsono, Park, Okto Maniani dan Claudiano Do Santos namun masih belum menemui hasil.

Barreto layak disebut pemain yang pantas disebut terbaik di pertandingan ini usai umpannya kepada Eka di menit ke-76 mampu berbuah gol dan menjadikan skor 3-0 untuk Persiba hingga usai pertandingan.

Kekalahan ini bagai kado pahit sekaligus merusak debut pelatih anyar SFC, Ivan Kolev, karena gagal memberikan kemenangan di hadapan pendukungnya sendiri, "Sriwijayamania" usai didaulat sebagai pengganti Rahmad Darmawan yang hijrah ke Persija Jakarta.

Susunan Pemain:

SFC: Fauzal Mubarok, Supardi, Claudiano Do Santos, Gunawan, Rendi Siregar, Ponaryo Astaman (kapten), Mahardirga Lasut, Mahyadi Panggabean/Ade Suhendra (45), Julio Caesar/Okto Maniani (45), Park Jung-Hwan, Budi Sudarsono.

Persiba: I Made Wirahadi, Muhammadan, Mijo Dadic, Bahtiar Mahrus, Eric Setiawan, Robertino Pugliar/Rusdiansyah (83), Kim Young Hee, Edy Gunawan, Sultan Samma, Aldo Bareto, Ekki Nurhakim/Eka Santika (58).

(Edp)